Minggu, 16 September 2012

Hubungan BEM dengan beberapa Stake Holder


Dalam menjalankan stabilitas roda organisasi selama satu periode,  BEM STKIP PGRI Lumajang menjalin  hubungan dengan beberapa Stake Holder sebagai berikut:
1.      Mahasiswa STKIP PGRI Lumajang
BEM STKIP PGRI Lumajang 2011-2012 sangat mengupayakan  bagaiamana agar dapat lebih dirasakan oleh mahasiswa. Hal ini dilakukan optimalisasi pelibatan ketua-ketua tingkat yang merupakan intrepretasi dari masing-masing kelas dalam beberapa kebijakan, serta optimalisasi fungsi pelayanan mahasiswa.
2.      Lembaga STKIP PGRI Lumajang
BEM STKIP PGRI Lumajang telah memposisikan diri sebagai MITRA bagi lembaga dalam membangun kampus ini. Di sinilah  tampak intensitas hubungan baik dan kerjasama dalam banyak program tapi juga tampak peran oposisi dan check and balance dalam pembangunan social control pada saat kami melihat penyimpangan kinerja serta kebijakan kampus.
3.      ALIANSI BEM
Dalam rangka mewujudkan  fungsi mahasiswa sebagai agent of control  terhadap kebijakan pemerintah, dan juga sebagai media silaturrahim antar mahasiswa,  maka BEM STKIP PGRI Lumajang  juga berkiprah dalam berbagai aliansi BEM sebagai berikut:
ü  BEM NUSANTARA, adalah aliasi BEM tingkatan Nasional se-Nusantara, yang pernah kita ikuti di  Pra Temu BEM Nusantara yang diadakan oleh BEM Unesa Surabaya. Sekarang BEM Nus ini sudah terpecah belah tidak terbentuk, karena beberapa mahasiswa yang terlibat, sering menggunakan BEM Nus untuk kepentingan kepuasan pribadi, juga BEM Nus ini sering di gadang-gadang sebagai BEM-Per nya pemerintah, karena sering mendapat dana menggiurkan dari pemerintah.
ü  BEM NASIONAL, adalah aliansi BEM tingkat Nasional akan tetapi kuantitas anggotanya lebih sedikit dari BEM NUS, karena memang gerakan BEM NAS masih murni gerakan Ideologi. Pertemuan yang kami ikuti yaitu, Kongres BEM NAS yang dilaksanakan oleh BEM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Konsolidasi Rekomendasi di Hotel Madina Pamekasan Madura serta pembahasan Rekomendasi untuk wilayah Jawa Timur di STAI Al-Khoziny Buduran Sidoarjo.
ü  BEM JATIM, adalah aliansi gerakan BEM Mahasiswa wilayah Jawa Timur. Pertemuan aliasnsi BEM ini dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Ada tiga pertemuan BEM JATIM yang kami ikuti selama menjabat, yaitu yang di laksanakan di IAIN Sunan Ampel Surabaya, STAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang dan di Universitas Sunan Giri (UNSURI) Sidoarjo.
ü  BEM LUMAJANG, adalah gerakan aliansi BEM se-Lumajang yang senasib sekomitmen dan seperjuangan. Dalam pembentukan BEM Lumajang ini, peran serta BEM STKIP PGRI Lumajang sangat dominan. Hal ini dikarenakn ide serta gagasan yang timbul pertama serta sebagai lokomotif penggerak BEM se-Lumajang adalah BEM STKIP PGRI Lumajang, di buktikan dengan adanya rapat konsolidasi perdana, kedua dan  ketiga berda di Ruang Kemahasiswaan STKIP PGRI Lumajang. Ada beberapa BEM yang akhirnya berkomitment untuk menciptakn BEM Lumajang ini yaitu, BEM STKIP PGRI Lumajang, BEM STAI Syarifuddin Wonorejo, BEM STIE WIDYA Gama Lumajang, BEM STIH Jenderal Sudirman Lumajang, BEM Universitas Lumajang dan BEM STAI Bustanul Ulum Yosowilangun Lumajang.
4.      Ormas/OKP/LSM/Instansi lainnya
BEM STKIP PGRI Lumajang juga turut mengupayakan adanya penetrasi gerakan mahasiswa dengan gerakan masyarakat. Di Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus misalnya, kami cukup massif bekerja sama dengan PMII Komisariat STKIP PGRI Lumajang, dan Komunitas Mahasiswa Peduli Lumajang (KMPL). Di LSM/ormas/Instansi lain, BEM STKIP PGRI Lumajang juga telah membangun kerja sama dengan Masyarakat Peduli Peninggagalan Majapahit (MPPM) Timur, LAKPESDAM NU, Telkomsel, ADIL Lumajang serta Shopie Martin.
5.      Media
Hubungan baik dengan berbagi media juga dengan intens kami jalin. Hal ini memudahkan kami untuk publistas gerakan kami sehingga dibaca oleh warga Lumajang  khususnya, Indonesia pada umumnya. Media tersebut adalah pedomannusantara.com , kabarlumajang.net serta beritajatim.com
6.      Pemerintah
Sebagai gerakan perbaikan terhadap bangsa, BEM STKIP PGRI Lumajang juga membangun hubungan baik dengan beberapa instasi pemerintah, diataranya: POLRES Lumajang, BAKESBANGPOL Lumajang, dan dinas BKKBN Lumajang,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar